Tuesday, November 9, 2010

Contribution to Our Nation (10) - Forum in Social Politics (1)

Saya melihat suatu fenomena dalam universitas yang mana saya berasal, jarang melakukan demo dan mengeluarkan suaranya dalam urusan politik negara. Mungkin ada banyak alasan di anataranya adalah takut, malas karena merasa tidak memiliki negara ini, dan berbagai alasan yang menyatakan tidak perlu melakukan hal demikian karena status sosialnya. Walaupun BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) melakukan demo pun, sedikit yang mau tahu dan mau terlibat di dalamnya. Apalagi jika beberapa dari mereka yang ikut bukan merupakan suatu kewajiban, pastinya akan lebih sedikit lagi yang ikut melihat kesadaran mengikuti upacara bendera saja rendah sekali. Mungkin fenomena seperti ini tidak hanya terjadi di universitas saya saja yang mana saya dapat sepenuhnya mengamati, mungkin hal ini sudah menjadi fenomena umum di kalangan universitas dewasa ini.

Di sini saya tidak akan membahas bagaimana caranya agar mahasiswa di universitas kita peduli terhadap bangsa sehingga bisa memberikan kontribusinya, tetapi saya hanya ingin membahas media yang mungkin bisa menggugah semangat berpendapat mereka. Secara garis besar saya mengusulkan untuk membuat sebuah forum bagi mahasiswa sehingga bisa menampung aspirasi mahasiswa.

Pengertian Forum

Forum secara sederhana adalah tempat dimana kita bisa bertukar pendapat mengenai suatu hal dengan orang lain. Dalam dunia internet dan teknologi informasi, pengertian forum ini tak berubah, hanya saja dilakukan dengan media tulisan dalam hal bertukar pendapat. Beberapa situs juga menyediakan fasilitas forum online dengan menggunakan suara dan video-chat tetapi hanya pada saat-saat tertentu dengan topik yang sudah ditentukan dan seorang moderator.

Forum juga identik dengan peraturan, ada berbagai aturan yang mengikat yang harus dipatuhi dalam suatu forum atau sub-forum. Entah itu mengenai topik, bagaimana seharusnya komentar yang diberikan, siapa saja yang boleh masuk di dalamnya, dan sebagainya. Seharusnya dengan adanya peraturan ini, forum diharapkan mempunyai suasana yang kondusif di dalamnya. Tetapi fenomena yang kita lihat saat ini di berbagai forum adalah apa yang ada di sana hanyalah junk talk, moderator yang seharusnya diharapkan mampu menangani hal ini menjadi tidak berfungsi dan banyak peraturan dasar yang dilanggar. Anggota forum hanya berkomentar agar nilai post mereka tinggi sehingga bisa naik level, mereka menjadikan forum sebagai permainan tinggi-tinggian nilai post. Hal inilah yang membuat saat ini forum dikaitkan dengan tempat berbincang santai, tempat kita bisa “seenaknya post”, tempat jual beli online, dan tempat dimana kita bisa mendapatkan banyak hal ilegal seperti cheat, film “bajakan”, dan lain-lain yang berbau “bajakan”.

Manfaat Forum

Sebenarnya forum jika diberdayakan secara utuh mempunyai banyak manfaat. Jika kita berpikir secara ideal, forum merupakan ajang pertukaran pendapat dan informasi yang dapat meminimalkan kesalahpahaman, mengembangkan ide yang ada, dan bergerak ke arah perbaikan sesuai mufakat bersama.

Sebagai masyarakat akademik, mahasiswa telah dilatih untuk berpikir kritis. Sejak zaman dahulu, buah pemikiran mahasiswa terbukti telah memberikan dampak dalam berbagai pergerakan bangsa ini. Sebagai bangsa Indonesia, kita dianugerahi jumlah yang besar. Bayangkan jika setengah mahasiswa universitas kita memberikan satu saja buah pemikirannya dalam satu hal, berapa banyak kekayaan intelektual yang kita miliki jika digabungkan dengan universitas-universitas lainnya yang ada.

Forum juga bermanfaat mengurangi jumlah demo yang ada. Saat ini ada permasalahan sedikit saja yang tidak menyenangkan kelompok tertentu, massa langsung digalang dan melakukan demo. Padahal demo ini sendiri memakan banyak tenaga dan juga biaya yang tidak sedikit, hasilnya pun belum tentu apa yang mereka aspirasikan akan didengarkan oleh wakil-wakil rakyat. Tujuan dari kita melakukan demo sebenarnya adalah untuk memberikan pendapat kita sebagai pertimbangan wakil-wakil rakyat dalam mengambil sebuah keputusan. Jika demikian, maka pertimbangan yang kita berikan juga tidak perlu selalu melakukan demo. Kita bisa melakukannya dengan cara yang relatif kondusif melalui forum. Kita memberikan pertimbangan kebanyakan dari pemikiran kita atau golongan kita sendiri, darimana kita tahu bahwa pendapat kita yang paling benar jika tidak diujikan ke orang lain. Di sinilah forum berperan besar.

Seperti yang sudah sempat saya singgung dalam artikel sebelumnya, nasionalisme tidak ditunjukkan dengan kebutaan kita terhadap semua keputusan negara. Kita dapat membantu negara dengan berpikir kritis dan sebagai pengawas pemerintah kita. Sudah sepatutnya kita melaksanakan kewajiban kita, tetapi apa hal lain yang dapat kita berikan pada negara ini selain yang sudah ada? Kita bisa memberikan suara kita untuk pembaharuan negara ini, dan salah satu cara memberikan suara dengan cara baik dan efektif adalah melalui forum ini.

No comments:

Post a Comment