Monday, November 8, 2010

Contribution to Our Nation (9) - Blog in Art Design (2)

Mengapa Harus Blog

Pertanyaan berikutnya yang akan muncul adalah bukankah hal ini adalah sesuatu yang umum, membuat blog bukan saja bisa berguna untuk bidang seni tetapi semua bidang? Saya ingin memberikan jawaban di muka bahwa publikasi seni ke dalam jurnal sosial paling cocok adalah dalam bentuk blog. Secara umum jawabannya adalah berkaitan dengan hak cipta yang kita miliki.

Situs jurnal sosial yang ada di internet secara umum dapat dibedakan menjadi jurnal sosial garis waktu, grup atau mailing list, dan blog. Jurnal sosial garis waktu menurut bentuknya dapat dibedakan lagi menjadi photo album, timeline, dan komunikasi sosial. Contoh photo album adalah Picasa Web, Flickr, dan MyAlbum yang merupakan situs dimana kita bisa upload foto-foto kita dan menampilkannya dalam bentuk timeline perjalanan kita dengan berbagai fitur tambahan lainnya. Timeline merupakan catatan tiap waktu secara detil kegiatan yang dilakukan seseorang seperti agenda, misalnya Plurk dan Twitter. Situs komunikasi sosial lebih mengarah pada memudahkan penggunanya untuk bisa bertukar informasi selain juga mengetahui secara mudah apa yang dialami temannya, contoh yang banyak digunakan adalah Facebook, MySpace, dan Friendster. Jika kita analisa, bentuk photo album tentu sulit dalam publikasi seni karena walaupun kebanyakan seni adalah gambar tetapi kita kesulitan memberikan keterangan dan tanggapan. Demikian juga dengan timeline karena tidak bisa memunculkan gambar karena yang menjadi sasaran utamanya adalah kegiatan kita seperti agenda sehingga lebih focus pada tulisan saja. Situs komunikasi sosial bisa menjadi pilihan kita apalagi dengan fitur-fitur tambahan seperti note dan juga blog yang mereka sediakan. Tetapi saya rasa ini juga masih kurang sesuai karena seperti yang saya katakana di atas, kita perlu berhati-hati dengan masalah hak cipta. Seberapa banyak dari Anda yang tahu jika kita melakukan upload media pada misalnya Facebook atau situs upload media lainnya maka apa yang kita upload tersebut hak ciptanya akan menjadi milik situs tempat kita upload media tersebut. Dengan Anda “mencentang” pernyataan setuju upload sesuai perjanjian yang biasanya tidak kit abaca, maka kita memberikan hak cipta media kita pada situs tersebut dan situs tersebut selanjutnya dapat mempublikasikan, menggandakan, dan mengubahnya untuk keperluan situs tersebut. Selain alasan tersebut, kita tidak bisa memanajemen halaman kita sendiri karena sudah diaturkan oleh situs sosial tersebut untuk urusan keluarnya.

Mailing list atau yang sekarang terkenal sebagai grup merupakan bentuk jurnal sosial yang populer saat internet baru keluar. Bentuknya semi forum tetapi juga bisa digunakan untuk memunculkan berita-berita terbaru di halaman utamanya, hanya saja seiring kemajuan teknologi bentuk ini sudah mulai ditinggalkan karena tidak lagi efisien karena pos-pos yang ada tidak teratur sehingga bentuk mailing list ini sebenarnya menurut saya sudah bukan merupakan bentuk jurnal sosial lagi. Menurut saya kita akan sangat kesulitan dalam hal mailing list ini karena selain sudah mulai ditinggalkan orang, pengorganisasian dalam posting juga sangat kurang. Contoh dari situs ini yang terkenal saat ini adalah Yahoo Groups dan Google Groups.

Pembahasan yang terakhir adalah blog. Kita tidak perlu takut untuk upload media di blog karena memang blog dirancang sebagai tempat dimana hak cipta kita seluruhnya dilindungi walau sebagai akibatnya jumlah media yang bisa kita upload menjadi terbatas. Secara objektif, memang blog masih kurang dalam hal interaksi sosialnya tidak seperti situs komunikasi sosial, tetapi kita bisa menjadikannya seperti itu dengan share link di situs jurnal sosial lainnya atau dengan fasilitas alert. Sebanarnya menurut saya kelemahan blog ini justru menjadi kekuatannya karena dari sana kita bisa berharap bahwa orang yang melakukan komen benar-benar mau memberikan apresiasinya untuk apa yang kita buat, tidak sekedar basa-basi seperti di situs komunikasi sosial atau forum yang biasanya hanya melakukan junk talk. Keunggulan lain yang menurut saya sebagai mahasiswa informatika sangat menyenangkan adalah kita bisa melakukan manajemen situs sesuai keinginan kita yang dalam hal ini kita bisa melakukan SEO sendiri.

Kendala dan Solusi

Melihat hal tersebut di atas, maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa publikasi media yang paling baik untuk teknologi saat ini adalah melalui blog. Akan tetapi masih ada dua kendala besar yang menurut saya perlu dipikirkan bahkan untuk membuat blog tingkat universitas pun. Yang pertama adalah jika seluruh mahasiswa mempunyai blog pribadi, hal tersebut baik tetapi akan sulit dalam hal manajemen. Misalnya mahasiswa DKV untuk proyek gambar desain membuat poster lingkungan hidup. Tujuan dari proyek ini adalah untuk menggalang kekuatan dan menginspirasi orang-orang agar lebih peka terhadap masalah lingkungan hidup hari-hari ini. Jika masing-masing poster ini di-upload di blog masing-masing, maka akan sulit untuk ditemukan dan kalaupun ditemukan dampaknya tidak akan besar. Yang kedua adalah kita sebagai masyarakat awam yang tidak belajar informatika, akan sulit bersaing di dunia internet agar content yang kita masukkan dapat terlihat oleh masyarakat luas. Kita sudah memberikan yang terbaik akan tetapi akan sia-sia jika apa yang kita masukkan kalah oleh junk blog yang orang lain buat hanya untuk kepentingan mereka sendiri.

Saya ingin memberikan solusi atas permasalahan ini, yaitu dengan membuat blog portal. Secara sederhana, yang dimaksud dengan blog portal adalah bagaimana kita memanajemen banyak blog dalam satu situs. Tentu saja setiap blog mempunyai alamat URL yang berbeda, tetapi tetap dalam satu domain sehingga ketika ada tulisan baru yang dimunculkan oleh salah satu blog, blog portal dapat membantu agar yang lain bisa mengetahui. Jadi blog portal ini berfungsi seperti halaman muka suatu situs, selain juga nanti terdapat direktori, indeks, dan fitur-fitur lain yang mendukung.

Saya mengusulkan untuk memulainya terlebih dahulu di kampus Universitas Kristen Petra yang mana saya paling mengerti sistem kerjanya. Secara teknis, membuat apa yang saya maksud sebagai blog portal ini tidaklah sulit bagi mahasiswa informatika, kita bisa membuatnya dengan mudah karena hanya melibatkan algoritma sederhana dan penguasaan database sederhana. Saya rasa untuk proyek kerja praktek mahasiswa informatika, bisa dipertimbangkan topik ini mengingat beberapa fitur sudah tersedia di Petra. Saya berani berkata bahwa membuat ini mudah karena tanpa kita sadari, Universitas Kristen Petra sebenarnya sudah memiliki blog yang diperuntukkan bagi setiap mahasiswanya. Di Lentera (situs pembelajaran di Universitas Kristen Petra yang merupakan pengembangan dari Moodle) terdapat fasilitas blog jika kita ingin mempergunakannya, hanya saja mungkin fasilitas ini masih belum terkenal karena pemberdayaan Lentera masih terbatas pada Fakultas Teknologi Industri saja. Jika kita bisa memberdayagunakan hal ini dan membuat blog portal dari Lentera, selain akan meningkatkan peringkat webometric (peringkat universitas dalam hal web yang dimiliki) universitas kita, kita juga akan lebih mudah dalam hal memanajemen SEO blog-blog yang dimiliki tiap mahasiswa.

Kita sudah memiliki fasilitas yang diperlukan, tinggal bagaimana kita bisa mengoptimalkannya. Menurut saya mudah saja agar mahasiswa mengerti fasilitas ini, dosen-dosen yang ada bisa mulai mempergunakan fasilitas Lentera sebagai salah satu media pembelajaran mereka dan khusus mereka yang tergabung dalam Fakultas Seni dan Desain bisa mempergunakan blog yang ada untuk upload tugas-tugas mereka di sana selain juga menyerahkan hardcopy tugas. Mungkin berat pada awalnya bagi dosen-dosen untuk belajar sesuatu yang baru, tetapi perubahan itu memang perlu dan perlu kita sadari bahwa zaman ini telah beralih ke zaman teknologi informasi. Tanpa penguasaan teknologi informasi, kita akan jauh tertinggal dengan yang lain.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah kita bisa mempergunakan teknologi blog sebagai media publikasi media seni yang kita miliki sebagai salah satu bentuk dukungan dan perhatian kita terhadap negara. Kita bisa membuat blog portal sebagai bentuk manajemen seluruh blog yang dibuat oleh mahasiswa universitas kita dan mengelolanya dengan SEO (Search Engine Optimization) sehingga apa yang kita buat dapat diketahui luas dan membawa dampak juga. Hal ini membutuhkan peran mahasiswa informatika dalam hal pembuatan blog portal dan SEO dan seluruh civitas academica yang ada sebagai partisipan dalam mengisi blog yang ada.

No comments:

Post a Comment