Wednesday, November 10, 2010

Contribution to Our Nation (12) - Other Contribution

Jika ingin dijabarkan satu per satu, masih ada banyak hal-hal yang dapat kita lakukan secara nyata bagi negara ini. Dalam bidang informatika pun, jika kita mau berpikir, ada banyak area terbuka di mana kita bisa berperan di dalamnya. Keterbatasan waktu tidak mengizinkan saya untuk membahas semua yang saya tahu dan lakukan untuk dapat berkontribusi bagi negara. Pula akan terlalu panjang untuk dinilai jika semuanya dituangkan selama lomba ini. Setelah lomba ini berakhir, mungkin saya akan tetap meneruskan mengisi blog ini sehingga mungkin nantinya blog ini bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

Saya ingin mendorong masing-masing dari kita untuk memikirkan apa yang bisa kita lakukan bagi negara ini. Ada banyak ilmu yang kita miliki dan jika kita mau mengolahnya, kita dapat mempergunakan hal tersebut untuk negara kita. Apalagi kita sebagai pelajar dan mahasiswa, "mumpung" kita masih memiliki banyak waktu. Daripada kita mengisinya dengan hal-hal yang kurang bermanfaat, ada baiknya jika kita mulai memikirkan sekitar kita, apa yang dapat kita berikan bagi masyarakat sekitar kita. Kita sudah memiliki cukup kemampuan. Jangan kita menunggu hingga kita lulus baru kita bertindak seperti pemikiran beberapa orang. Kita berpikir saat kita lulus kita akan lebih dapat menggunakan talenta kita untuk bangsa, tetapi saya berpikir bahwa hal tersebut akan sangat sulit direalisasikan karena godaannya akan semakin besar. Kita akan semakin sibuk bekerja untuk diri sendiri dan tidak akan ada waktu bahkan untuk berpikir tentang negara ini kecuali kita bekerja dalam bidang yang langsung berkaitan dengan pemerintahan.

Satu hal yang juga sederhana tetapi sering kita lupakan adalah kita dapat berdoa bagi negara ini. Bawalah sejenak bangsa dan negara ini dalam doa. Kita dapat melakukan sesuatu untuk negara ini, saat ini!

No comments:

Post a Comment