Friday, November 12, 2010

Glowing Bacteria

Jika kita mendengar kata bakteri, mungkin sebagian besar impresi pertama kita adalah penyebab penyakit. Dalam salah satu acara di Ubaya Carnival yang bernama "Glowing Bacteria", Ubaya mengajak kita melihat sisi lain dari bakteri. Tidak selalu bakteri menyebabkan penyakit, tetapi juga bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia dan dapat dikembangkan secara kreatif. Salah satu contohnya adalah dapat digunakan untuk menggambar dan jika disorot dengan sinar UV akan tampak berpendar menyala.

Glowing Bacteria merupakan lomba yang dikemas secara kreatif bekerja sama dengan jurusan bioteknologi Universitas Surabaya. Dalam lomba ini peserta diminta untuk menggambar logo Ubaya di media agar-agar dengan menggunakan cotton butt yang terlebih dahulu dicelupkan dalam bakteri. Menariknya lomba ini adalah peserta tidak dapat melihat hasil gambarnya di atas media agar karena baik agar-agar maupun bakteri yang dioleskan sama-sama bening. Lomba ini mengasah konsentrasi dan fokus peserta dalam pengerjaan.

Meskipun peserta tidak dapat melihat langsung hasilnya, peserta tetap antusias mengikuti lomba ini seperti yang dikatakan oleh seorang peserta kategori umum lomba ini, Melissa, "Karena saya belum pernah tahu yang beginian makanya saya ikut dan kerja hingga waktu hampir berakhir. Lagian sebenarnya kalau mau konsentrasi, tidak susah-susah amat membuat gambarnya."

Sebelum dan sesudah lomba ini berlangsung, pihak panitia memberikan sekilas materi tentang sejarah perkembangan bagaimana bisa tercipta bakteri yang dapat berpendar tersebut. Diberikan juga teori mengenai pembuatan bakteri tersebut dan sekilas mengenai istilah-istilah inti dalam bioteknologi. Selain menekankan kreatifitas dalam lomba, Ubaya juga menginginkan pesertanya mengerti apa yang mereka kerjakan membuktikan kepedulian Ubaya dalam memperlengkapi peserta baik dalam kreatifitas maupun ilmu.

Hasil-hasil menggambar dengan bakteri ini dapat dilihat di Ubaya Carnival, pada booth Healthy and Living Care Atrium Plaza Tunjungan. Pemenang lomba ini akan diumumkan bersama dengan pemenang lomba lainnya pada hari Minggu besok pukul 20.00.

No comments:

Post a Comment